Senin, 07 Januari 2008

DBA WHAT’S UP ???

DBA WHAT’S UP ???

Zaman sekarang perkembangan IT sangat pesat. Dimana mana pasti berhubungan dengan komputer. Dulu kita menyimpan data dengan mencatat dibuku yang gede atau mengetiknya dan menyimpannya dalam format Excel. Sekarang telah berkembang berbagai aplikasi yang cukup memadai, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya SQL server atau Oracle adalah aplikasi untuk pembuatan database.


Disini kita akan menjelaskan tetang DBA. Apa sih itu DBA ? DBA adalah Database Administrator yaitu orang yang mengatur dan bertanggung jawab dalam pengolahan database. Tanggung jawab seorang DBA antara lain : Mendesain skema konseptual dan fisik, Keamanan, Menentukan otorisasi dari suatu database, Ketersediaan data dan Recovery dari kegagalan dan yang terakhir Data Tuning. Tugas pokok seorang DBA, yaitu :

a. Mendifinisikan database

b. Menentukan isi database

c. Memantau kinerja dari sistem database secara berkala

d. Merencanakan backup dan recovery database

Maka dari itu untuk menjadi seorang DBA tidak mudah dan diperlukan keahlian khusus dan dan pengalaman untuk memecahan masalah yang sering muncul didalam database.

Seorang DBA harus punya karakter maksudnya adalah mampu melakukan perencanaan, menguasai perbedaan konsep (penulisan syntax), menguasai perencanaan desain suatu database (RDBMS), mampu mengimplementasikan strukrur data ke database dan bisa melakukan tunnig performance. Hal tersebut dikarenakan tugas pokok DBA yang begitu penting dan berperan besar didalam suatu sistem database.

Memang kalau kita hanya berbekal keterampilan menguasai tools suatu aplikasi database dan pengalaman mengunakannya. Tidak akan cukup membuat kita diakui sebagai seorang DBA. Untuk itu kita harus mensertifikasi diri kita dengan sebuah sertikat, tujuannya adalah agar kemampuan dan keterampilan kita dalam bidang database diakui oleh suatu consortium tertentu. Untuk mendapatkan sertikat tersebut tidak mudah disamping membutuhkan biaya yang besar, tetapi juga diperlukan keriteria khusus.

Jenis sertifikasi dapat dipilih, ada sertifikasi Oracle atau Microsoft. Adapun yang sekarang lagi rame-ramenya adalah SAP. Didalam sertifikasi Oracle ada tingakatanya, yaitu : Oracle Certified DBA Associate, Oracle Certified DBA Professional, Oracle Certified DBA Master. Untuk melakukan ujianya bertempat di Hongkong dan Seoul. Test yang dilakukan bermacam-macam, ada juga ujian perbaikannya namanya Oracle Certified Developer. Untuk lulus dalam ujian minimal skornya harus 70%. Sertifikasi untuk Microsoft cuma ada satu yaitu Microsoft Certified DBA. Sertifikasi ini diberikan sebagai pengakuan database Microsoft SQL Server.