Kamis, 27 September 2007

SOLARIS

SOLARIS


Apakah kalian tau apakah Solaris itu ? Solaris adalah sistem oprasi (OS) sama seperti windows dan linux ,tetapi Solaris dibuat oleh suns microsystem. Solaris mempunyai perbedaan sepesifikasi dengan single Unix. Walaupun sejarahnya sangat tertutup tetapi sebagian soucre code produknya open soucre.


Sebelum kita mengetahui feature dari Solaris. Ada kalanya kita mengetahui sejarah dari Solaris 10.Awal tahun 1990, Sun menggantikan BSD yang membuat Sun OS 4 dengan versi Unix sistem V dan merilis 4 (SVR4) dibuat bersama AT&T.Sebelum dirilis oleh Sun OS 5.0, dalam pemasaran dikenal dengan nama Solaris 2. Saat Sun OS 4.1x micro diluncurkan dimana dikenal sebagai Solaris 1 oleh Sun, nama Solaris sangat ekaklusif karena digunakan untuk menjelaskan SVR4 yang dirilis Sun Os 5.0 sebelumnya.


Solaris diperkirakan oleh Sun akan menjadi sistem operasi yang lengkap dengan grapchical user enviroment, ONC+ and komponen lainnya.Sun Os versi lainya sudah termasuk didalam Solaris. Sebagai contoh Solaris 2.4 menyatukan Sun OS 5.4 .Setelah Solaris 2.6 Sun menurukan nilai 2 dari versi tersebut. Dari nama tersebut, Solaris 7 menyatukan Sun OS 5.7 . Yang terakhir dirilis Sun OS 5.10 inti dari Solaris 10.


Kegunggulan dari Solaris 10 :

  1. Security : Solaris 10 termasuk salah satu yang terbaik dalam keamanan.
  2. Observability : memberikan gambaran dalam sistim kamu dengan alat seperti Solaris Dynamic Tracing (DTrace).
  3. Performance : sangat tepat untuk database, web dan java technology
  4. Platform : mendukung lebih dari 800 SPARC base dan didasarkan x64/x86 top sistem manufaktur dan termasuk sistem dari Sun, Dell, Hp dan IBM.
  5. Utilization : digunakan untuk industri, seperti Solaris Containers.
  6. Data Management : memberikan kemajuan dalam file sistem dan volume management.
  7. Availability : mendukung dignosis secara otomatis dan recovery hardware dan kegagalan aplikasi serta memaksimalkan kinerja sistem.